Friday 31 December 2010

Jimat Sebagai Pelaris Bakso



Kehidupan sebagian para penjual ada yang meyakini bahwa jimat dapat dijadikan sebagai pelaris atau mencari berkah saat menjajakan dagangannya, tentu ini mengundang beragam pertanyaan dalam benak, apalagi aku pernah menemui kejadian tersebut saat mampir disebuah penjual bakso, waktu itu aku mau pergi kesaudaraku, tetapi aku melihat penjual bakso yang sedang menjajakan dagangannya, langsung saja aku berhenti dan mampir ketukang bakso itu.

Setelah saya masuk kewarung bakso, aku menyapa pada sang penjual bakso tadi dan berkata: abang tolong buatkan aku satu mangkok bakso tidak usah pake' sambal, maklum waktu itu aku kurang mood makan sambal, karena sudah dua hari aku saket perut, sehingga hari ini aku puasa makan sambal dulu, padahal aku suka banget namanya pedas, tetapi mau bagaimana lagi, sementara waktu aku harus bisa menghentikan makan sambal dulu, sebelum perutku benar-benar sembuh.

Tak lama kemudian si abang mengantarkan bakso yang aku pesan tadi, seketika itu pula aku melahap bakso sampai tak tersisa, tinggal mangkoknya saja yanga ada di depan mataku, karena bakso ini betul-betul nikmat dan joos. Setelah selesai makan bakso aku tak sengaja melihat ada kertas tergantung di atas pintu, nah!..ini jimat pelaris pikirku seperi itu, saat itu pula hatiku bergumam. Oooo...pantesan baksonya enak hahahhahha......(canda dalam hatiku).

Saya waktu itu langsung teringat dengan kata sahabatku, kebetulan sahabatku ini punya profesi dukun, dia pernah berkata: apabila kamu menemukan di atas pintu ada kertas yang tertempel dan di paku, maka tidak lain dan tidak bukan sembilan puluh persen kemungkinan itu benar kalau yang dipasang itu jimat sebagai pelaris dalam jual beli, tetapi sebenarnya tidak hanya sebagai pelaris saja, jikalau anda melihat jimat yang tertempel di atas pintu, karena terkadang jimat ini juga tertempel diatas pintu Rumah-rumah penduduk sebagai fungsi tolak balak, dan salah satu bagian dari kepercayaan masyarakat dalam menangkal sesuatu yang tidak diinginkan, bisa santet atau berbentuk udara negatif lainnya.

Jimat yang ada di atas pintu, biasanya bertuliskan arab, jawa, Cina atau bahasa lainnya yang dianggap punya kekuatan ghaib dalam membantu apa yang di inginkan para pemakainya. Waah!!...ternyata aku sudah lama duduk di warung abang bakso, lalu aku bayar 5.000 rupiah dan aku keluar dari warung tadi, untuk meneruskan perjalananku pergi kerumah saudaraku.

Salam dari kami Jejaring sosial kiber (www.kitaberbagi.com)....